Manado, You are Amazing !!

Manado. Sebuah kota yang heterogen. Sebuah masyarakat yang mayoritas beragama Kristen. Namun rakyatnya hidup rukun dan damai. Terang saja, kota ini memiliki semboyan “Torang samua basudara” yang artinya “Kita semua bersaudara“. Kota Manado sangat menjunjung tinggi makna persaudaraan dan persatuan, tak peduli terhadap siapapun, dari mana dia berasal, tak pandang agama, dan dari suku mana. Semua dihormati dan disayangi. Sungguh indah romantisme sosial di kota ini, semua orang saling cinta, saling menghargai.

Manado, sebuah kota yang merepresentasikan Indonesia yang kaya raya. Keindahan alamnya masih suci tak ternodai. Siapa yang tidak pernah dengar tentang keindahan alam Bunaken? Keindahan alam bawah laut yang begitu mempesona, membuat setiap orang yang pernah singgah di sana selalu rindu untuk kembali. Bahkan baru berada di atas perahu pun sudah dapat teraba oleh mata keindahan ikan-ikan yang berbaris dan karang-karang yang selalu seolah tegas menunjukkan bahwa ia bangga dengan keindahan yang dimilikinya. Tak heran kalau orang-orang bilang, “belum pernah ke Manado kalo belum ke Bunaken dan belum pernah ke Bunaken kalau belum  menyelami keindahan alam bawah lautnya”.

Manado, sebuah kota di ujung utara Indonesia. Tapi justru di sini aku temukan Indonesia. Merah putih berkibar begitu gagah. Sejauh kaki melangkah tercium aroma wangi Indonesia.

Sewaktu kecil aku banyak dengar cerita tentang Indonesia dengan kekayaan alam dan keramah-tamahan rakyatnya. Sebuah negeri yang makmur dan begitu perkasa. Aku membayangkannya begitu indah. Saat itu aku hanya bisa membayangkan.

Foto by Abdul Aziz (@bangziz, FKM UI)

Photo by Aziz gagah

Begitu bersyukur aku diberi kesempatan dapat melihat Indonesia seperti yang kubayangkan ketika kemarin, 24-29 September 2012, aku berada di Manado. Semua cerita-cerita masa kecil tentang Indonesia aku rasakan nyata di sini. Aku temukan Indonesia di sini. Dan ternyata Indonesia memang sangat indah bahkan melebihi yang kubayangkan sebelumnya dari cerita-cerita orang itu. Manado, kau begitu Indonesia. kau kurindukan kini. Manado, You are Amazing!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s