Menjadi Unlimited Bersama Quran

Sebuah kenikmatan yang besar, aku bisa berada di sini, bersama teman-teman menghabiskan banyak waktu yang insyaa Allah dalam produktivitas penuh makna. Tidak pernah menyangka diri yang belum se-sholeh teman-teman yang lain ini bisa berada dalam sistem dan lingkungan yang sangat mendukung untuk selalu dekat dengan Quran.

Alkisah, dari sebuah obrolan yang sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan Quran, petunjuk itu bermula. Berdiskusi bisnis dengan seorang kawan yang sudah mengenal dan mengikuti program Tahfizh Smart lebih dulu. Saat itu kami sama-sama mahasiswa tingkat akhir tetapi ia lulus lebih dulu. Plusnya lagi, dia berhasil mencapai 5 juz hafalan dalam setahun.

Terbesit rasa heran, mengapa dia bisa mencapai target hafal 5 juz dalam setahun sembari tetap berbisnis dan menyelesaikan skripsi? Aku pun memecah rasa penasaranku dengan menanyakannya langsung padanya.

“Bro, kok ente bisa sih menghafal sambil bisnis dan skripsi? Apa ga keganggu tuh, terutama skripsinya?”

Jawabnya kira-kira begini, “Bro, menghafal Quran itu mudah, Bro.. Asalkan kita punya azzam yang kuat untuk istiqamah.”

“Terus, gimana dengan skripsi ente, Bro?”

Justru dengan kita menghafal ayat-ayat Allah, artinya kita mendekat kapada-Nya, insyaa Allah dengan demikian Allah akan memudahkan urusan-urusan kita.”

Jawabannya yang singkat itu cukup membuka paradigma baru tersendiri bagiku. Teringat sebuah ayat,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِن تَنصُرُوا اللَّهَ يَنصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ

“Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.” (QS. Muhammad : 7)

Itulah paradigma yang harus kita bangun. Menghafal Quran, artinya menjaga ayat-ayat-Nya, ialah salah satu upaya menolong agama-Nya. Dengan demikian, kita senantiasa semakin dekat dengan-Nya. Allah tidak akan menyia-nyiakan hamba-Nya yang dekat dengan-Nya, bukan? Insyaa Allah.

Tidak boleh ada keraguan sama sekali akan hal ini, karena menyangkut akidah kita. Aku begitu yakin bahwa resource kita unlimited. Betapa tidak??  Kita punya Allah!! Allah telah berfirman dalam Surah Al-Mu’min ayat 60, “Mintalah kepada-Ku niscaya akan Aku kabulkan.” Sudah sangat terang janji-Nya, tinggal seberapa yakin kita, dan semestinya sebagai muslim kita harus meyakininya. Dengan catatan, tetap percaya bahwa setiap takdir adalah jalan terbaik yang dipilihkan oleh Allah untuk kita. Allah Maha Tahu.

Oleh karena resource kita unlimited, sepatutnya kita mampu membuat lompatan-lompatan dalam hal apapun, tentunya dengan takaran-takaran manusiawi. Tidak ada lagi kata ditabrak-tabrakkan antara proses menghafal Quran dengan aktivitas-aktivitas kita yang padat. Semua pilihan ada di tangan kita. Jika kita serius untuk menghafal, tidak ada alasan lagi dengan hal-hal lainnya yang biasa dijadikan kambing hitam ketika hafalan tersendat.

Oleh karena resource kita unlimited, para penghafal Quran sepatutnya tidak hanya sekadar menghafal, tetapi juga mentadaburinya, mengamalkannya, serta mengajarkannya. Karena potensi kita begitu besar dan teramat sayang jika kita membatasi diri. Jangan sampai ilmu-ilmu kita hanya untuk sekadar konsumsi pengetahuan pribadi tanpa dibagikan ke sekeliling kita.

Oleh karena resource kita unlimited, mari selalu berdoa memohon rahmat Quran dari-Nya. Hafalan ayat-ayat adalah sebuah anugerah, pemahaman tentang Quran adalah hidayah, yang semuanya hanya bersumber dari Allah Azza wa Jalla. Libatkan selalu Allah dalam setiap ikhtiar kita, agar senantiasa berkah.

Tulisan ini lebih banyak dibuat untuk menasehati diri penulis pribadi. Berharap bisa bersama-sama pembaca, membangun. Berjamaah tentu jauh lebih baik. Selamat membangun frame Unlimited, menjadi pribadi unlimited bersama Quran. Semoga bersama berlarinya waktu, kita senantiasa menjadi lebih baik, agar kita menjadi orang-orang yang beruntung. Aamiin. Wallahu’alam bish-showab.

Sumber: Tulisan Abdul Aziz dalam Buku “Mahasiswa Mahasiswa Penghafal Quran”

Advertisements

One thought on “Menjadi Unlimited Bersama Quran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s